Cara Agar Ayam dan Ikan Goreng Renyah, Matang, dan Gurih

Cara Agar Ayam dan Ikan Goreng Renyah, Matang, dan Gurih

Ayam / Ikan goreng tepung menjadi menu sempurna sajian makanan, apalagi untuk anak-anak. Bersama atau tanpa nasi dan cocolan saus, sajian tersebut akan selalu nikmat. Bagaimana mengolahnya supaya renyah?

Simak beberapa langkah untuk membuat renyah, seperti diulas Shine berikut ini:

Potong

Potong daging Ayam / Ikan menjadi beberapa bagian. Tidak perlu terlalu besar agar tingkat kematangannya bisa sempurna. Pastikan untuk memilih daging berkualitas yang tidak disuntik hormon agar saat digoreng, daging tidak menyusut.

Bumbu utama

Untuk memberi rasa, Anda bisa melumuri seluruh bagian  dengan garam. Ini juga berfungsi menjaga kerenyahan kulit Ayam / Ikan. Agar lebih nikmat, Anda bisa melumurinya dengan bawang merah dan bawang putih halus.

Lumuri telur dan tepung

Celupkan pada telur yang telah dikocok lepas dan sedikit mentega cair. Kemudian, balurkan daging Ayam / Ikan pada tepung terigu, bolak-balik agar bisa menyatu sempurna. Kembali celupkan Ayam / Ikan ke dalam kocokan telur dan mentega cair, lalu balurkan dengan tepung jagung.

Goreng tenggelam

Selama proses menggoreng, pastikan daging Ayam / Ikan terendam sempurna di dalam minyak sayur. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Anda bisa memakai penjepit saat membolak-balikkan Ayam / Ikan agar lebih mudah, minyak yang menempel pada Ayam / Ikan juga sedikit berkurang saat Anda angkat. Setelah diangkat, diamkan Ayam / Ikan minimal tiga menit untuk meniriskan minyaknya.

Disarankan untuk menggunakan wajan besi yang dapat menahan panas lebih lama karena menggoreng Ayam / Ikan butuh suhu panas stabil. Bahan besi juga tidak akan membuat Ayam / Ikan goreng lengket di wajan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar