6 Bahan PENYEDAP RASA ALAMI, Pengganti Bumbu MSG

6 Bahan PENYEDAP RASA ALAMI, Pengganti Bumbu MSG

6 Bahan PENYEDAP RASA ALAMI, Pengganti Bumbu MSG berikut mudah dibuat kok. Seperti yang dikutip dari vemale, bila anda ibu rumah tangga ingin menggunakan alternatif bahan penyedap rasa selain MSG, vitsin atau micin, anda bisa mencoba menggantinya menggunakan bahan-bahan alami lainnya seperti:

1.Kaldu ayam atau sapi
Kaldu dari ayam atau sapi paling pas untuk semua masakan. Anda bisa menggunakan tulang belulang atau daging yang direbus dalam air mendidih selama beberapa waktu untuk membuat kaldu ini. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat. 

2.Udang, teri atau ebi
Makanan laut memiliki ‘vetsin’ alami dalam tubuhnya, menghasilkan rasa gurih dan nikmat baik ketika dimasak sendiri ataupun dicampurkan ke dalam bahan lain. Untuk udang, teri atau ebi kering, Anda bisa mengeringkannya dengan oven, kemudian menggerusnya dengan food processor untuk mengubah bentuknya menjadi bubuk.

3. Bawang putih
Memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya.

4.Keju
keju juga bisa dijadikan sebagai pengganti rasa gurih dan asin. Keju yang merupakan olahan produk susu, juga baik digunakan karena nutrisinya.

5. Gula pasir
Sudah bukan rahasia jika gula pasir bisa menjadi pengganti MSG. Tambahkan sedikit saja gula pasir ke dalam masakan Anda, maka rasa gurih masakan justru akan keluar. Jangan terlalu banyak ya, agar masakan Anda tidak menjadi manis.

6. Sosis sapi
Tidak ada kaldu dan tidak mau repot dengan daging mentah, Anda bisa menggunakan sosis sapi. Iris tipis-tipis dan campurkan ke dalam masakan Anda. Sosis sendiri sudah mengandung garam dan kaldu sapi, sehingga bisa menambah cita rasa masakan Anda.

demikian 6 Bahan PENYEDAP RASA ALAMI, Pengganti Bumbu MSG semoga bermanfaat









Tidak ada komentar:

Posting Komentar